Museum Sejarah Vietnam

25 09 2010

Jika ingin mengetahui sejarah Vietnam lewat peninggalan purbakala, silahkan kunjungi museum sejarah Vietnam yang lokasinya satu kompleks dengan kebun binatang Saigon. Museum ini berdiri sejak 23 agustus 1979 yang dulu bernama Musee Blanchard de la Brosse (1929-1956) lalu berubah menjadi “the National Museum of Vietnam in Saigon” dan akhirnya berubah lagi menjadi the museum of Vietnamese history.

courtyard yang berada di tengah museum

Kata-kata dalam bahasa Vietnam:

Museum = bảo tang

Patung = điêu khắc

Sejarah = lịch sử

Museum sejarah = bảo tang lịch sử

Museum ini memiliki dua galeri utama yang dibagi menjadi beberapa sub galeri:

Pertama adalah galeri prasejarah hingga dinasti Nguyen (1945), dipajang beberapa peninggalan purbakala seperti kapak purba, senjata purba dari batu, peninggalan dari dinasti-dinasti yang pernah berkuasa di Cao Viet saat itu, peninggalan drum Đông Sơn sekitar 2500 tahun lalu, peninggalan dari kerajaan Champa, dan peninggalan kebudayaan kuno di selatan Vietnam. Galeri kedua menampilkan beberapa peninggalan dari selatan Vietnam dan negara-negara di Asia lainnya, seperti: patung Budha dari beberapa negara-negara di Asia, pahatan dari Kamboja (bagian dari Angkor Thorn).

Menurut saya, museum ini masih sangat kurang akan informasi visual, sehingga pengunjung sedikit kesulitan membayangkan proses jalannya sebuah sejarah. Seakan-akan hanya sebuah tempat meletakkan barang kuno. Lalu jika dilihat dari segi permainan tata cahaya, museum ini masih sangat kurang. Penggunaan lampu-lampu untuk display masih minim, lampu sorot untuk menunjukkan point utama objek juga tidak ada. Hanya pada galeri “Champa” sudah mengaplikasikan penggunaan teknik pencahayaan untuk barang yang dipamerkan. Beberapa informasi penjelasan hanya sebuah papan putih dengan tiga bahasa: Vietnam, Perancis, dan Inggris tanpa permainan layout, sedikit membosankan, tanpa ada permainan warna dan latar belakang. Meski demikian, pengunjung cukup banyak yang datang, mungkin dari lokasinya yang sangat strategis.

Tiket masuk untuk wisatawan asing adalah 15.000 VND (setara 7.500 rupiah), namun untuk wisatawan lokal terlihat lebih murah, yakni 2000 VND. Karena sempat pada awalnya, mereka pikir saya adalah orang lokal, setelah tahu tidak bisa berbahasa Vietnam, mereka mengganti dengan tiket wisatawan asing. Sayang sekali… ^_^

Alamat : 2,Nguyen Binh Khiem street, Ben Nghe ward, District 1

Hari operasional Museum : selasa hingga minggu

Jam operasional : 08.00-11.30 dan 13.30-17.00

Tiket masuk : 15.000 VND untuk turis asing.

http://media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-s/01/56/58/20/vietnamese-history-museum.jpg

http://www.tripadvisor.co.uk/Attraction_Review-g293925-d454975-Reviews-Vietnam_History_Museum-Ho_Chi_Minh_City.html


Aksi

Information

2 responses

7 07 2011
mLa

baguts banget blognya T~T bikin minderrrrrr

7 07 2011
NUSE School

Terima kasih kunjungannya mLa…
ini masih belajar nulis yang bagus, dan berusaha lebih menarik lagi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: