Tahun Baru Vietnam

21 02 2011

Vietnam memiliki dua kali tahun baru, tahun baru masehi ( perhitungan kalender matahari ) dan tahun baru Vietnam ( sesuai perhitungan kalender bulan). Namun tahun baru Vietnam merupakan hari raya terbesar di Vietnam, kantor-kantor libur, pertokoan tutup selama beberapa hari, dan banyak penduduk yang mudik, pulang kampung merayakan tahun baru bersama keluarga.

Tết Nguyên Đán = perayaan pagi pertama, biasa disingkat dengan Tết. Pertama” di sini maksudnya adalah hari pertama di tahun baru.

Tết selalu jatuh pada kisaran bulan (akhir) januari atau februari. Di kota besar seperti Ho Chi Minh City (HCMC), jalanan di tengah kota mulai berhias beberapa minggu sebelum perayaan Tết. Sehingga biasanya ada 2 kali dekorasi wajah kota, dekorasi pertama untuk memeriahkan perayaan Natal dan Tahun Baru Masehi. Jalanan dihias dengan gemerlapan lampu, terompet, patung sinterklas, salju buatan, dan rumbai-rumbai. Mulai dari toko kecil hingga hotel berbintang yang berada di tengah kota akan mengubah fasadnya. Setelah event Natal dan Tahun Baru selesai sekitar minggu pertama di bulan januari, dekorasi wajah kota berubah mempersiapkan perayaan Tết.

gbr.1 Jalan Dong Khoi yang berhias lampu

Dekorasi Tết biasanya adalah hoa mai (bunga berwarna kuning), hoa đào (sejenis bunga sakura), susunan bambu, angpao, semangka, dan warna merah yang meriah. Dekorasi Tết di setiap kota agak berbeda. Beberapa ada yang memajang tangkai hoa mai, atau juga hoa đào. Di beberapa kota lainnya, mereka memajang pohon jeruk kumquat yang berbuah banyak berwarna oranye, ini menyimbolkan sebuah kesuburan dan kemakmuran.

gbr.2 hoa mai, berwarna kuning cerah

gbr.3 hoa dao yang dijual dan siap dipajang di rumah

Di hari pertama Tết di HCMC, jalanan sangat lengang dan kosong. Pertokoan tutup, kantor tutup, orang-orang lebih memilih menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga. Bagi-bagi angpao dari orang yang lebih tua ke anak yang lebih muda juga menjadi tradisi.

lì xì = angpao

Di kantor tempat saya bekerja, perusahaan sudah libur sekitar 5 hari sebelum Tết dan masuk kurang lebih 5 hari setelah Tết. Ini sangat bergantung di mana tempat kita kerja, karena kebijakan tiap perusahaan berbeda, ada yang libur hingga 2 minggu, ada yang hanya 3 hari. Lalu bagaimana dengan ucapan selamat tahun baru yang biasa diucapkan?

Chúc mừng năm mới = Selamat Tahun Baru ( baca : chuk mung nam moi)

Chúc mừng berarti selamat, năm berarti tahun, dan mới adalah baru.

Atau juga bisa mengucapkan

Cung chúc tân xuân = Selamat Tahun Baru ( baca : kung chuk tan suan)

Ada yang lain lagi, seperti Cung hỉ phát tài ( baca: Kung hi fat tai) tapi menurut saya ini sangat jarang terdengar. Kalimat ini berasal dari bahasa Konghu Kung hei fat choi (coba bandingkan dengan ucapan selamat tahun baru imlek yang biasa kita baca di media di Indonesia , Gong Xi Fat Choi, sedikit mirip ?), kalimat ini berarti ‘selamat dan semoga makmur’.

Selain mengucapkan ‘selamat tahun baru’ kadang juga kita sisipkan beberapa ungkapan yang berarti doa kemakmuran dan keberuntungan, seperti misalnya :

Sức khoẻ dồi dào ( baca : suk kwe yoi yao), yang berarti kesehatan sepanjang tahun.

Năm mới chúc bạn làm ăn phát tài ( baca : nam moi chuk bang lam ang fat tai), intinya hampir sama, mendoakan kemakmuran di tahun baru. Namun kalimat ini diucapkan untuk teman atau orang setingkat dengan kita, karena ada kata bạn yang artinya teman. Ini bisa diganti bergantung kepada siapa kita mengucapkannya.

gbr.4 tahun kucing (tan mao dalam bahasa Vietnam) dibuat versi perangko edisi 2011

Dalam kalender Vietnam, shio kelinci dalam kalender China diganti dengan shio kucing (mèo/mão), sedangkan shio lain serupa dengan shio yang biasa kita kenal.

Setiap menjelang Tết hingga beberapa hari setelahnya, ada festival bunga di HCMC distrik satu, tepatnya di jalan Nguyen Hue. Jalanan ditutup, lalu lintas kendaraan dialihkan, berbagai macam bunga ditata, elemen lansekap juga tidak ketinggalan. Jika anda berencana bepergian ke HCMC saat Tết atau beberapa hari setelahnya, cobalah kunjungi festival bunga ini.

gbr.5 festival bunga di jalan Nguyen Hue tahun 2011

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/ Tết

gbr.1 http://saigontet.doanhnhansaigon.vn/gallery/5/P_2011_01__DSC03066_resize.JPG

gbr.2 http://p-pho.com/vietnam/wp-content/uploads/2011/01/hoa-mai.jpg

gbr.3 http://nongnghiep.vn/Upload/Image/2009/2/1/dao.jpg

gbr.4 http://english.vnsay.com/file/uploads/_1292821197_tem_tan_mao_2011_2.jpg

gbr.5 [koleksi pribadi, foto diambil tanggal 6 Februari 2011]


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: