Belajar Bahasa Jepang (4): KoSoADo kotoba

19 04 2011

Kali ini kita akan belajar tentang こそあど言葉/“ko-so-a-do kotoba”. Dengan pola kalimat ini kita akan belajar bagaimana mengucapkan “ini” dan “itu” dalam bahasa Jepang, otomatis juga belajar membuat kalimat sederhana dengan menggunakan pola ini. Sebelumnya, mari kita lihat konsep pemikirannya secara sederhana :

Catatan : こ~/Ko- digunakan  saat obyek yang ditunjuk dekat dengan pembicara, そ~/So- digunakan saat obyek yang ditunjuk tidak dekat dengan pembicara dan lawan bicara, sedangkan あ~/A- digunakan untuk obyek yang posisinya jauh bahkan sangat jauh baik dari pembicara dan lawan bicara.

Untuk menunjuk suatu benda, kita gunakan akhiran ~れ/ –re pada pola ‘ko-so-a-do’ tadi.

これ Kore Ini
それ Sore Itu (posisi obyek dekat)
あれ Are Itu (posisi obyek jauh)
どれ Dore Yang mana?

Contoh kalimat sederhana :

これは本です

Kore ha hon desu (kore wa hong des)

Ini adalah buku (本ほんhon = buku)

それは傘です

Sore ha kasa desu (sore wa kasa des)

Itu adalah paying (傘かさkasa = payung)

これはわたしの本です。

Kore ha watashi no hon desu (kore wa watasi no hong des)

Ini adalah buku milik saya (buku saya)

わたしの本Watashi no hon = buku milik saya/ buku saya

それはわたしのかさではありません。

Sore ha watashi no kasa deha arimasen (sore wa watasi no kasa dewa arimaseng)

Itu bukan payung milik saya/ Itu bukan payung saya

ではありませんDeha arimasen = bentuk negative dari desu

あなたの傘はどれですか?

Anata no kasa ha dore desu ka? (anata no kasa wa dore deska?)

payung milik anda/ payung anda yang mana?

これは何ですか?

Kore ha nan desu ka? (kore wan an des ka?)

Ini apa?/ apa ini?

何Nan/ nani = apa (menggunakan nan saat bertemu dengan huruf berawalan “t-d-n”)

Nah, sekarang buatlah kalimat sendiri. Cobalah merangkai kalimat dengan menggunakan pola  di atas. Misalnya bertanya “ini apa?” “ini adalah kursi” “apakah ini kursi anda?” “ini bukan kursi saya”. Semakin anda berlatih semakin anda akan terbiasa dengan pola ini. Sebagai referensi kosakata, coba gunakan いす/isu=kursi, つくえ/ tsukue= meja, パソコ/pasokon = PC(personal computer),  けいたいでんわ/keitai denwa= handphone, えんぴつ/enpitsu= pensil.

Untuk menunjukkan lokasi, tempat, arah gunakan akhiran  ~こ/-ko pada pola di atas.

ここ Koko Di sini
そこ Soko Di situ, di sana (posisi obyek dekat)
あそこ Asoko Di sana (posisi obyek jauh)
どこ Doko Di mana?

Contoh kalimat sederhana :

いまはどこにいますか?

Ima ha doko ni imasuka? (ima wa doko ni imas ka?)

Sekarang ada di mana?

今/いまIma = sekarang

いますImasu = ada (untuk makhluk hidup)

そこは博物館です

Soko ha hakubutsukan desu (soko wa hakubutsukang des)

Di situ adalah museum

博物館/はくぶつかん= museum

Kita juga bisa menggunakan akhiran ~ちら/–chira untuk arti yang sama seperti akhiran ~れ/ –re dan –ko. Akhiran –chira juga bisa diterapkan saat kita menunjuk seseorang, memperkenalkan  seseorang, menjelaskan  arah dan tempat.

こちら Kochira Ini, di sini
そちら Sochira Itu, di situ, di sana (posisi obyek dekat)
あちら Achira Itu, di sana (posisi obyek jauh)
どちら Dochira Yang mana, di mana, siapa?

Contoh kalimat sederhana :

こちらは田中さんです。

Kochira ha Tanaka-san desu. (kocira wa tanaka-sang des)

Ini adalah bapak Tanaka. (memperkenalkan orang lain)

こちらへどうぞ。

Kochira he douzo (kocira e doozo)

Silahkan lewat sini. (menunjukkan arah)

すみません、どちらさまですか?

Sumimasen, dochira sama desuka? (sumimaseng, docira sama deska?)

Maaf, anda siapa? (menggunakan tingkat tutur yang tinggi untuk bertanya “siapa”)

Satu lagi, berfungsi sama seperti akhiran ~れ /–re, ini adalah akhiran ~の /–no :

この Kono ~ini
その Sono ~Itu (posisi obyek dekat)
あの Ano ~itu (posisi obyek jauh)
どの Dono ~yang mana?

Kita lihat perbedaan dengan akhiran –re :

それは傘です。

Sore ha kasa desu (itu adalah payung)

それはわたしの傘です。

Sore ha watashi no kasa desu (itu adalah payung milik saya)

その傘はわたしのです。

Sono kasa ha watashi no desu (payung itu adalah kepunyaan saya/ milik saya)

その傘はすてきです。

Sono kasa ha suteki desu (payung itu bagus)

Bisakah anda merasakan perbedaannya? Jika ya, bagus. Jika belum silahkan kembali periksa akhiran –re di rumus pertama. Jangan putus asa, saya sendiri juga masih belajar bahasa Jepang. Kita sama-sama belajar bahasa, untuk memperkuat pemahaman dan meningkatkan rasa saling menghargai kebudayaan yang majemuk. Kita lanjut di pelajaran bahasa Jepang selanjutnya dengan tema yang lain…, salam bahasa dan budaya!

sumber : dari berbagai sumber.


Aksi

Information

12 responses

12 09 2011
rendra kurniawan

thanks,,,

18 10 2011
NUSE School

terima kasih Rendra Kurniawan, ditunggu kunjungannya lagi ya.

18 10 2011
dhea

sangat membantu🙂
ありがとう ございます

18 10 2011
NUSE School

どういたしまして。
silahkan datang lagi dan tunggu pelajaran selanjutnya ya dhea-chan.

13 01 2012
santanalucusantana

menurut saya kayanya langsung kata katanya aja contohnya kore wa hon desu gak usah 2 kali nyebutin
jadinya kalo mau spellnya langsung aja….. kalo mau kata kata yang bener langsung aja
cuma kalo lebih bagus tuh hiragana aja langsung……

19 01 2012
NUSE School

terima kasih sudah mampir dan meluangkan waktu untuk baca di sini.
tidak semua orang pandai dan mahir seperti @santanalucusantana, ada kalanya setiap orang butuh panduan dan bacaan romajinya.
terima kasih atas masukannya dan akan dipertimbangkan.🙂

13 01 2012
santanalucusantana

dan ini pun masih sangat konsep kurang ada kotobanya
jika web ini mau membuat kotoba tuh banyakin kotoba jangan gramarnya….. web ini tuh sebernarnya tuh memperkenalkan kotoba atau gramar?

19 01 2012
NUSE School

@santanalucusantana terima kasih atas masukannya lagi.
tata bahasa adalah kunci utama untuk mempelajari bahasa, sedangkan kosakata hanya sebagai pelengkap saja. memang keduanya harus saling mengisi. di blog ini Nuse menekankan nuse menekankan pada keduanyaa, walau memang kosakata tidak semua ditampilkan, karena jumlahnya yang demikian banyak. jadi, tata bahasa atau anda sebut “grammar” menurut saya adalah suatu panduan utama dalam membuat kalimat, semakin anda memahami struktur tata bahasanya, maka akan lebih mudah anda membuat kalimat.

5 10 2012
Reki Asep Awaludini

ane mo nnya nih, sebenarnya kosoado dalam bahasa jepang itu ada berapa? di sini cuma ada 4, tapi ane pernah belajar kalau kosoado itu ada lima. mohon penjelasannya!

9 11 2012
NUSE School

ada lima? apa saja jika saya boleh tahu?🙂

18 03 2014
riizhu

はい、分かりました、ありがとうございます、先生

23 03 2014
NUSE School

Riizhu-san,
ありがとうございました。
日本語がんばてくださいね。

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: